Teknik SEO Copywriting Singkat, Mudah, dan Tepat

01:05:00
SEO Copywriting atau dengan kata lain Search Engine Optimization Copywriting adalah nama yang diberikan untuk seni atau teknik penulisan yang ditujukan pada mesin pencari konten yang ramah.

Teknik SEO Copywriting bertujuan untuk memudahkan pembaca, khususnya mesin pencari dapat mencakup istilah atau keyword tertentu sebagai kunci agar mudah ditemukan dan berada pada posisi teratas pencarian. Unsur SEO ini meliputi judul, deskripsi, tag, kata kunci, dan alt gambar.

Teknik SEO Copywriting Singkat, Mudah, dan Tepat

Pentingnya SEO Copywriting

Tujuan utama dibalik penulisan SEO ini adalah untuk menaikkan ranking atau posisi artikel yang dibuat agar berada di posisi atas mesin pencari.

Atau lebih mentarget pada keyword artikel yang dibidik agar selalu tampil di mesin pencarian saat pengunjung mengetikkan kata yang dicari.

Jadi, jika blog Anda memiliki konten asli yang berisi kata kunci yang dibidik pengunjung, maka secara kompetitif blog milik Anda akan berpeluang besar nangkring pada posisi yang baik di mesin pencari.

Bagaimana Tekniknya?

Pertama, yang jelas Anda harus membuat konten atau tulisan pada blog Anda bukan dari hasil copy paste, alias original hasil karangan sendiri dengan gaya bahasa sendiri.

Kedua, berdasarkan dari para ahli copywriting, kata kunci yang ditargetkan harus berada pada judul, setiap paragraf, alt gambar, dan keterangan lain. Minimal harus ada dua kata kunci dari masing-masing bagian.

Ketiga, buatlah konten yang enak dibaca orang, kalau bisa lebih banyak lebih bagus, ini sudah terbukti.

Keempat, isi konten Anda dengan kata kunci sebanyak 3-4% dari jumlah seluruh kata pada artikel. Ini penting!

Kelima, buat sajian yang lebih menarik, berbeda, dan mengundang selera. Kuncinya, bangkitkan minat dan emosi pembaca.

Keenam, gunakan kata sapa yang sopan. Gaya bahasa harus mengalir, jangan seperti tulisan ini. Agak kurang enak dibaca.

Dari enam teknik mudah ini bisa Anda terapkan, dijamin tidak bakal sia-sia. Intinya, kata kunci atau keyword yang diletakkan pada tempat yang strategis akan lebih mudah disentuh oleh mesin pencari.
Cara-cara ini juga bisa dianggap sebagai bagian dari SEO on page, dimana hingga saat ini masih tetap digunakan oleh para ahli.

Search engine, terus memperbarui sistemnya dengan teknologi alogaritma tertentu dan akan terus berubah. Jika Anda dapat menerapkan SEO Copywriting yang tepat dan konsisten maka perubahan alogaritma mesin pencari seperti ini tidak akan memberikan dampak buruk apapun terhadap konten Anda.

Sudah bukan rahasia bahwa cara yang baik untuk mendapatkan publisitas dan pengunjung untuk website Anda adalah dengan mengirimkan artikel di situs berkualitas. Pada saat yang sama saya sangat percaya bahwa mengirimkan artikel di situs yang memiliki niche yang sama (atau kategori) adalah cara yang lebih baik untuk menunjukkan pada mesin pencari tentang kategori artikel Anda.

Sebagai contoh , para pengunjung dari situs perjalanan cenderung berpikir tentang ide liburan, hotel, penawaran penerbangan, acara dan atraksi wisata.

Berikut ini saya ulas teknik menulis yang bagus untuk meningkatkan popularitas konten Anda, saya gunakan contoh tentang wisata.

1. Strategi Dasar penulisan artikel:

Artikel Anda harus ditulis dalam bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti para pengunjung. Tidak perlu terlalu banyak tetapi biasanya dianjurkan paling sedikit minimal 300 kata, sebaiknya lebih dari 500 kata.

Jelas dalam bahasannya, bisa menggunakan paragraf pendek, dan berbentuk poin-poin. Selalu berikan fakta-fakta yang benar, baik atau buruk. Gunakan nomor atau symbol tertentu dalam teks pada artikel Anda.

2. Judul:

Selalu gunakan judul yang menarik perhatian, judul yang tidak hanya berisi kata kunci utama, tetapi juga memberikan ide singkat kepada pembaca tentang artikel apa yang akan dibahas.

3. Keyword:

Nah jika artikel Anda adalah tentang pariwisata di New York, saya sarankan kata New York tempatkan dalam judul dan beberapa kali dalam tubuh artikel Anda. Ada beberapa alat gratis yang tersedia di internet untuk mengevaluasi kepadatan kata kunci artikel Anda.

4. Link ke situs:

Jika Anda memiliki situs web/blog yang topiknya sama, maka Anda tentu bisa membuat link balik pada artikel tersebut.

5. Bookmark artikel: 

Setelah artikel tentang wisata diterbitkan Anda bisa membookmark pada  Reddit, Digg dan Stumble upon. Karena ini adalah situs bookmark sosial, maka bisa memberikan lalu lintas yang signifikan untuk website Anda. Demikian pula berlangganan RSS feed menggunakan situs-situs seperti Bloglines dan netvibes memiliki keuntungan yang sama.

6. Sering Menulis:

Para pengunjung  dan mesin pencari selalu mencari artikel baru. Anda tidak hanya memiliki lebih banyak link yang menuju ke situs Anda, tetapi juga akan mendapatkan lalu lintas organik yang nyata.

Article

Previous
Next Post »