Arti Dari Ziarah Kubur Menurut Syariat Islam

09:12:00
Kata-kata ziarah menurut arti bahasanya adalah menengok. Ziarah kubur artinya menengok kubur. Ziarah ke makam wali artinya menengok makam wali.

Menurut Syari'at Agama Islam, ziarah kubur itu bukan hanya sekedar menengok kubur, bukan sekedar menengok makam para wali, makam para Syuhada, makam para Pahlawan, bukan pula untuk sekedar tahu dan mengerti dimana, atau untuk mengetahui keadaan kubur atau makam, akan tetapi kedatangan seseorang ke kubur atau ke makam dengan maksud untuk berziarah adalah mendo'akan kepada yang di kubur atau yang di makamkan dan mengirimkan pahala untuknya atas bacaan-bacaan dari ayat-ayat Alqur'an dan kalimat-kalimat Thayyibah, seperti bacaan tahlil, tahmid, tasbih, shalawat, dan lainnya.

Apa lagi kalau yang diziarahi itu makamnya seorang wali atau ulama atau pemimpin yang telah berjasa kepada masyarakat, maka sebagai orang yang tahu berhutang budi, sepantasnya ia mendo'akan dan menghadiahkan pahala dari bacaan-bacaan yang dilakukan.

Dengan demikian, jelaslah bahwa ziarah kubur menurut syari'at Agama Islam adalah termasuk amal soleh, amal perbuatan yang baik.



Hukum Ziarah ke Kubur

Ziarah ke kubur menurut syariat Agama Islam adalah termasuk amal soleh. Disamping itu, Nabi Muhammad SAW juga melakukan ziarah kubur ke makam para syuhada Uhud dan ke makam Ahli Baqi' maka jelaslah bahwa hukumnya adalah sunnah, artinya apabila dikerjakan akan mendapat pahala dan apabila ditinggalkan tidak akan disiksa.

Tersebutlah dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Imam Ahmad, dan Imam Ibnu Majah yang artinya:

"Adalah Rasulullah SAW berziarah ke makam Pahlawan Uhud dan makam ahli Baqi' Beliau memberi salam dan mendoakan kepada mereka, Nabi berkata:

Assalamu'alaikum ahladdiyaari minal mu'miniina wal muslimiina wainnaa insya Allahu bikum laa hiquuna nas-alullaaha lanaa Walakumul 'aafiyata.

Semoga kesejahteraan tetap bagimu wahai ahli kubur dari orang-orang mu'min dan orang-orang Islam. Insya Allah kami akan bertemu dengan kami. Kami mohon kesehatan kepada Allah SWT untuk kami dan kamu."

Sebuah hadist lagi yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah dari sahabat Ibnu Mas'ud ra. berbunyi:

"Aku dulu telah melarang kamu berziarah ke kubur, maka (sekarang) berziarahlah. Karena ziarah kubur itu dapat berzuhud terhadap dunia dan dapat pula mengingatkan alam akhirat."

Ulasan singkat berikut ini bisa menjadi perkenalan pertama dari blog informasikabar.blogspot.com dan semoga menjadi manfaat. Ikuti terus ulasan menarik selanjutnya tentang keutamaan ziarah kubur dilihat dari segala segi.

Article

Previous
Next Post »